Outdoor Learning sebagai alternative baru
dalam meningkatkan pengetahuan dalam pencapaian kualitas manusia. Alam sebagai
media pendidkan adalah suatu sarana efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan
mengembangkan pola pikir serta sikap mental positif anak. Konsep belajar dari
alam adalah mengamati fenomena secara nyata dari lingkungan dan memanfaatkan
apa yang tersedia di alam sebagai sumber belajar.
Outdoor Learning
diartikan sebagai pendidikan yang berlangsung di luar kelas yang melibatkan
pengalaman yang membutuhkan partisipasi siswa untuk mengikuti tantangan
petualangan yang menjadi dasar dari aktivitas luar kelas seperti hiking,
mendaki gunung, camping dan lain-lain
Pendekatan Out-door
learning menggunakan setting alam terbuka sebagai sarana. Proses pembelajaran
menggunakan alam sebagai media dipandang sangat efektif dalam knowledge
management dimana setiap orang akan dapat merasakan, melihat langsung bahkan
dapat melakukannya sendiri, sehingga transfer pengetahuan berdasarkan
pengalaman di alam dapat dirasakan, diterjemahkan, dikembangkan berdasarkan
kemampuan yang dimiliki. Pendekatan ini mengasah aktivitas fisik dan sosial
anak dimana anak akan lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang secara
tidak langsung melibatkan kerjasama antar teman dan kemampuan berkreasi.
Aktivitas ini akan memunculkan proses komunikasi, pemecahan masalah,
kreativitas, pengambilan keputusan, saling memahami, dan menghargai
perbedaan.
ada alasan mengapa metode
pendekatan outdoor learning dipakai sebagai pengembangan karakter anak, yaitu :
metode ini adalah sebuah simulasi kehidupan komplek menjadi sederhana, metode
ini menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman, metode ini penuh
kegembiraan karena dilakukan dengan permainan dan “Manarul Ilmi” mencoba
menerapkan metode ini sebagai salah satu pembentukan karakter anak.
mantap ...manarul ilmi
BalasHapusMaju terus pantang mundur....
BalasHapus